Aneh, Pasang Widget Anti Copas Tapi Artikelnya Copas Mentah-Mentah - Bagi seorang blogger, terutama pribadi admin, tulisan yang dihasilkan secara susah payah lewat ketikan jari jemari tangan disela-sela kesibukan aktivitas offline bukanlah perkara mudah. Butuh waktu untuk menulis meski hanya empat atau lima baris saja. Lalu bagaimana jerih payah itu dicopas secara mentah-mentah oleh blogger lain? Bagi admin, itu bukanlah masalah yang sampai harus menguras energi untuk mengerutkan pipi hingga memerah, karena admin merasa meski tanpa menyertakan link ke blog ini pun, asal bermanfaat bagi pembaca saja merupakan sebuah kebanggan tersendiri.


Namun semua itu berubah, ketika ada pengunjung yang memberi komentar atas pada salah satu artikel saya yang membahas "Sudahkah Anda Memanfaatkan Internet?". Kenapa? karena komentar dari pengunjung tersebut meragukan keaslian atau orisinalitas tulisan tersebut. Admin tak terlalu ambil pusing dengan copas artikel blogger lain meski tidak menyertakan link ke blog ini. Tapi rasa penasaran pun muncul tentang siapa yang copas artikel blog ini secara mentah-mentah? Lewat browsing di Google dengan kata kunci "Sudahkah Anda Memanfaatkan Internet?" ternyata ada sebuah blog yang benar-benar mengcopas mentah-mentah artikel tersebut, dan tak hanya satu tapi beberapa artikel, tepatnya puluhan artikel di blog ini di copas mentah-mentah tanpa menyertakan sumber.


Bukan, bukan karena artikel-artikel dari blog ini yang di copas mentah-mentah yang membuat admin sedikit mengurut dada, tapi di blog tersebut ada widget anti copas sedangkan artikel sendiri hasil copas mentah-mentah. Hal inilah yang membuat admin miris atas kelakuan blogger tersebut, disatu sisi dengan bangganya menunjukkan widget anti copas yang seolah-olah artikel diblognya adalah hasil jeri payahnya, disatu sisi artikel yang ada diblog tersebut hasil copas dari blog orang lain.

Seorang blogger sejati tentunya tau apa arti dari widget anti copas tersebut, silahkan copy paste artikel di di blog ini, baik menyertakan link maupun tidak, tapi jangan memasang sesuatu yang bertolak belakang dengan apa yang kita lakukan. Salam blogger...


Post a Comment

  1. Saya telah membaca laman About-mu, Mas. Wah, kita sepemikiran :) Terima kasih telah datang.

    ReplyDelete
  2. ...
    KLO AGAN MAU NEGUR ORANGNYA JG GPP..
    :D

    ReplyDelete
  3. Masalahnya gak ada form komentarnya gan atau alamat email yang bisa dihubungi. Terima kasih telah berkunjung di Dapsoft Blog

    ReplyDelete
  4. hemmmmmmmmmmmm...............pokoknya banyak deh yang copas

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak...!!!

 
Top