Benarkah Google Melarang Kontes SEO? - Semakin hari semakin marak saja kontes SEO yang diselenggarakan di Indonesia dengan berbagai kata kunci yang dibidik dari pihak penyelenggara kontes. Bagi yang pernah mengikuti kontes SEO mungkin merasakan pertarungan yang cukup sengit untuk menduduki peringkat pertama di SERP Google. Biasanya penyelenggara kontes memberikan judul kontes yang sama untuk peserta yang mengikuti kontes beserta link ke website tertentu sesuai dengan peraturan kontes. Tentunya hal ini dapat meningkatkan situs tersebut dimata pencarian Google.

Ternyata Google Search Quality ikut memantau keberadaan kontes SEO yang marak diseleggarakan di Indonesia ini. Melalui akun Google+ nya Kaspar Szymanski yang dibuat pada tanggal 14 Maret 2012, dijelaskan bahwa kontes SEO termasuk menyalahi aturan karena melanggar Google Webmaster Guidelines dan dapat membahayakan situs yang mengikuti kontes bila yang diperlombakan membidik kata kunci riil. Lalu apa itu kata kunci riil dan bagaimana bila sudah terlanjur mengikuti kontes SEO?

Melalui penjelasan melalui komentar Kaspar Szymanski, kata kunci riil yang dimaksud adalah kata kunci yang dipakai pengguna umum dalam kehidupan nyata, contohnya "notebook murah". Jika sudah terlanjur mengikuti kontes SEO, sebaiknya nofollow link yang ada pada posting kontes tersebut. Tapi tidak semua kontes SEO melanggar Guidelines, seperti kontes SEO dengan kata kunci non-rill yang tidak akan digunakan dalam pencarian pengguna normal, maka tidak masalah untuk mengikuti kontes tersebut.


Untuk para blogger, mulai sekarang sebaiknya berhati-hati dan memilah-milah ketika mengikuti kontes SEO, karena kontes SEO melanggar Google Webmaster Guidelines dan berimbas pada blog anda. Melalui komentar-komentar yang ada di Google+ nya Kaspar Szymanski, tampaknya memang pengunjung tidak menyukai blog yang mengikuti kontes SEO karena merasa terjebak saat membaca artikel yang diperlombakan dalam kontes tersebut. Semuanya kembali pada anda, tetap mengikuti atau tidak, yang pasti Google akan mengambil tindakan terhadap blog yang mengikuti kontes SEO dengan kata kunci rill.


Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak...!!!

 
Top