Tips Cara Aman Menggunakan Email - Email (Electronic Mail) adalah sarana yang paling efektif, murah dan cepat untuk berkirim surat melalui jaringan internet. Tak peduli anda berada dibelahan bumi mana, asal terkoneksi internet, dengan cepat surat anda akan sampai ketujuan. Selain surat-menyurat, fasilitas email dapat kita gunakan untuk mengirimkan file lainnya, entah itu file dokumen maupun gambar dan banyak lagi yang lainnya, bahkan ada fitus email yang bisa mengririm SMS.

Judul posting kali ini dipilih karena admin teringat dengan kejadian dimana waktu itu jaringan internet dirumah admin mengalami masalah, dan karena ada keperluan pekerjaan yang mendesak untuk mengirim email, maka admin pergi kesalah satu warnet yang tak juah dari rumah. Admin langsung menuju website penyedia email untuk mengisi alamat email dan password. Tapi apa yang terjadi, justru admin langsung menuju ke akun email orang lain yang admin tidak kenal. Hal ini tentunya sangat berbahaya bila isi email anda berisi data-data penting, dan bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

Dari kejadian tersebut, mungkin ada beberapa tips yang bisa mencegah pembajakan akun email agar tidak di salah gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

  • Ingat!!! Selalu Sign out atau keluar begitu anda selesai menggunakan email di tempat umum seperti warnet. Kejadian diatas kemungkinan besar karena siempunya akun email tersebut terlupa Sign out atau keluar.
  • Jangan membuka email dari orang yang tidak dikenal yang mengirim email dengan lampiran (attachment) dengan format *.exe, maupun lainnya. Karena kemungkinan besar itu adalah virus yang dapat membahayakan komputer anda.
  • Buatlah kata sandi yang sulit di tebak oleh orang lain, seperti tanggal lahir nomor plat kendaraan, nama anak atau lainnya. Bila perlu buatlah kombinasi kata sandi antara huruf, nomor maupun simbol sehingga susah ditebak.
  • Gantilah sandi email anda secara berkala, bila email anda memuat data-data penting yang rentan pembajakan. 
  • Semakin kreatifnya para pembajak akun email anda, seperti yang paling populer yaitu email Phishing yang dapat menjebak penggunanya lewat website palsu yang tampilannya menyerupai website asli untuk memasukan kata sandi penting seperti Bank, kartu kredit, Paypal dan lainnya dengan alasan konfirmasi serta alasan lainnya. 
  • Jangan mengirimkan email penting berupa nomor PIN, nomor kartu kredit, maupun informasi penting lainnya kepada orang yang tak dikenal.
  • Installah komputer anda dengan antivirus maupun anti spyware dan pastikan selalu update. Program tersebut sangat penting untuk mengantisipasi dan melindungi komputer anda dari serangan virus.

Post a Comment

  1. saya rasa yang di warnet itu memang sering tidak peduli dengan emailnya,,karena paling di pakai untuk yang biasa,,,tapi bagi yang datanya penting tentu sangat berbahay,,
    oya gan saya jjga sering dapat email yang banyak dan gak jelas,,jadi itu virus?

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak...!!!

 
Top