Pernahkah anda menganalisis data statistik untuk keperluan seperti skripsi, tesis, disertasi maupun keperluan lainnya yang membutuhkan software analisis data statistik? Tentunya software analisis data statistik sangatlah mahal seperti SPSS, Lisrel dan software pengolahan data statistik sejenis. Bagi yang berkantong tebal mungkin tidaklah masalah dengan membeli software tesebut, tapi bagi yang pas-pasan seperti saya? hmmm.... pikir ulang untuk membelinya, apa lagi software tersebut digunakan hanya untuk keperluan tertentu saja.

Ada sebuah software yang serupa dengan SPSS tapi tidak sama dalam masalah lisensi (karena diberikan secara gratis), software yang dapat didownload secara gratis tapi fungsi dan kualitas tidak kalah dengan software berbayar seperti SPSS adalah softeware “R”. Dengan nama yang singkat tapi sangat membantu dalam menganalisis data statistik ini dapat anda download secara gratis. Bandingkan saja dengan software sejenis yang harganya selangit, tapi dengan “R” diberikan secara cuma-cuma alias gratis.


Fungsi dari “R” pun menyerupai dengan software pengolahan data statistik lainnya seperti SPSS, seperti pengolahan data frekuensi, korelasi,  regresi, dan lain sebagainya.  Sungguh software yang sangat bermanfaat dan membantu mengurangi pembajakan dan mengurangi pengeluaran (ehmm…).

Jika anda ingin mencoba software pengolahan data statistik “R” ini, anda dapat mendownloadnya secara langsung dari situs resminya dibagian bawah postingan ini. Betapa baiknya pembuat software ini yang memberikan secara percuma kepada siapapun yang menginginkannya. Selain untuk Windows, juga tersedia untuk OS linux dan MacOS X. 

Cara install software ini agak sedikit ribet karena harus menginstal beberapa packages untuk menjalankan software “R”, butuh posting khusus yang membahas tentang cara penginstalan software “R” ini. Posting selanjutnya insya allah akan saya bahas cara instalasi software “R” di OS windows, tunggu update selanjutnya dari dapsoft.

Bagi anda yang berminat menggunakan software “R” gratisan tapi berkualitas ini untuk keperluan analisis data statistik anda, silahkan download melalui link dibawah ini. 


Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak...!!!

 
Top