Inilah Hardisk Komputer Pertama - Mendengar kata Hardisk mungkin satu kalimat yang tidak asing lagi bagi pengguna komputer. Ya, Hardisk atau yang biasa disebut HDD merupakan bagian dari hardware komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan. Beragam ukuran dan merek kini tersedia dipasaran, dari yang berukuran puluhan Giga hingga yang berukuran Tera. Tentunya dengan adanya berbagai ukuran Hardisk ini semakin memanjakan kita sebagai pengguna komputer untuk menyimpan berbagai file dalam satu wadah penyimpanan.


Perjalanan sang Hardisk sejak ditemukan oleh Reynold B Johnson pada tahun 1956 melalui perusahaan IBM tidak seperti yang kita lihat seperti sekarang ini, baik dari segi ukuran maupun kapasitasnya. Dan tahukah anda, berapa berat dan kapasitas yang disediakan Hardisk Pertama ini?

Hardisk Pertama IBM 350

Berat hardisk pertama tersebut adalah sekitar 1 TON dan hanya memiliki kapasitas 5 MB saja. Dengan Kapasitas sekitar 5 MB, file apa ya yang bisa disimpan? Sepertinya satu lagu kesayangan admin dengan format MP3 dengan kualitas rendah dan 3 foto kenang-kenangan admin waktu nyebur ke kali dengan ukuran 100KB sudah hampir memenuhi satu hardisk, satu lagi satu lagi... catatan hutang admin dengan format Doc MC Word sekitar 54 KB, ada lagi ada lagi... catatan hutang pembaca Dapsoft yang lebih besar sekitar 140 KB. Hmmmm.... Hardisk seberat ini, gimana casingnya? pastinya bisa buat makan tidur diatas casing bisa tuch. 

Perangkat Komputer
Tapi dari 5 MB inilah kita mengenal kapasitas dengan ukuran 1 TB, dari 1 Ton inilah kita dapat menikmati ukuran Hardisk yang lebih kecil yang tak sampai 1 Kg. Kita patut berterimakasih kepada penemu Hardisk, karena dengannya kita mengenal ukuran dan kapasitas Hardisk yang kita kenal sekarang ini.

Bagi yang tertarik mengupgrade Hardik pertama IBM 350, pastikan ruangan kamar anda cukup untuk menyimpannya. Satu lagi, hardisk ini sudah mati dan tidak berfungsi, jadi hati-hati ketika menggunakan Hardisk ini, karena banyak suara tembakan dan suara bom dari Bruce Willis dengan filmnya "DIE HARDisk". Ih tatuuuttt, Kabuuuuuuuuuuuuuuuurrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr......

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak...!!!

 
Top