Cara Mempoteksi File WinRar - Meski sebuah tutorial yang terlihat mudah, namun beberapa pengguna komputer mungkin belum mengetahui bagaimana cara memproteksi file atau folder yang telah dikompres menggunakan WinRAR. Ada banyak alasan pengguna mempassword file atau folder yang telah dikompress tersebut, salah satunya file penting yang tak semua orang boleh membukanya. Untuk memproteksi file menggunakan WinRAR, hal pertama adalah komputer anda sudah terinstal aplikasi ini, bila anda belum memiliki aplikasi kompress file WinRAR, dapat mendownloadnya DISINI (Trial 40 hari). Namun Dapsoft tidak akan membahas lebih detail tentang software WinRAR ini, yang akan diulas hanya yang berhubungan dengan judul artikel ini.


Untuk memproteksi file menggunakan WinRAR, pilihlah file atau folder yang akan dikompress dengan cara mengklik kanan lalu pilih "Add to archive..." Selanjutnya klik bagian pada "Advanced" dan klik "Set Password pada bagian kanan bawah. Hasilnya terlihat seperti gambar dibawah ini.


Selanjutnya isi password sesuai dengan keinginan anda, pastikan password anda yang susah ditebak namun mudah diingat. Ada dua pilihan cara memasukkan password, bila anda centang pada bagian "Show password", maka anda tak perlu mengulang atau memverifikasi password pada kolom isian password kedua, karena ketika akan mengetikan password yang akan anda masukkan akan terlihat dengan jelas, bila anda tidak mencentang pilihan tersebut, maka anda akan diminta memverifikasi password sesuai dengan yang anda masukkan pada kolom isian pertama sesuai gambar diatas. Selanjutnya klik OK dan akhiri dengan mengklik OK lagi untuk memproses file atau folder untuk dikompress serta dienkripsi. Bila sudah selesai, maka hanya yang tau password dari file atau folder tersebut yang bisa membuka atau mengekstrak hasil kompressannya.


Demikianlah sedikit tips ringan dari Dapsoft bagaimana cara memproteksi file menggunakan WinRar, semoga bermanfaat bagi anda...


Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak...!!!

 
Top